Korelasi mata uang  adalah hubungan positif atau negatif antara dua pasangan mata uang yang terpisah. Korelasi positif berarti dua pasangan mata uang bergerak bersama-sama, dan korelasi negatif berarti mereka bergerak berlawanan arah.

Korelasi dapat memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, atau dapat digunakan untuk melindungi posisi (hedging). Jika anda yakin bahwa satu pasangan mata uang akan bergerak berdampingan atau melawan yang lain, maka anda dapat membuka posisi lain untuk memaksimalkan keuntungan anda, atau Anda dapat membuka posisi lain untuk melindungi equity anda jika volatilitas meningkat di pasar.

Namun, jika perkiraan anda salah saat memperdagangkan korelasi mata uang, atau jika pasar bergerak dengan cara yang tidak terduga, maka anda bisa mengalami kerugian yang lebih besar, atau bahkan lindung nilai (hedging) anda bisa kurang efektif untuk mengantisipasi volatilitas pasar.

Fenomena ini diwakili secara numerik oleh sesuatu yang disebut koefisien. Koefisien biasanya tercantum dalam tabel antara angka -1 dan +1.

-1 mewakili korelasi negatif 100%
+1 menunjukkan korelasi positif 100%
0 mewakili tidak ada korelasi
Angka di antara mencerminkan persentase yang berbeda. Misalnya, +0,90 merupakan korelasi positif 90%. Ini berarti bahwa dua pasangan akan bergerak ke arah yang sama 90% dari waktu (harap dicatat bahwa beberapa tabel menampilkan koefisien sebagai persentase, bukan angka).

Korelasi positif РSeperti yang di jelaskan di atas, korelasi positif adalah pergerakan dua pasang mata uang yang bergerak searah secara bersamaan, hal ini dapat terjadi apa bila pasangan mata uang tersebut memiliki Base currency yang sama. Contohnya, EURUSD dan GPBUSD. atau setiap pasang mata uang yang berawalan USD memungkinkan memiliki korelasi positif. Seperti gambar di bawah ini kedua pasang mata uang memiliki pergerakan yang sama selama satu minggu.
korelasi

Korelasi Negatif – Seperti yang di jelaskan di awal, korelasi negatif adalah pergerakan dua pasang mata uang yang berlawanan arah, Hal ini terjadi apabila Base Currency nya berbeda. Contohnya, antara EURUSD dan USDCHF kedua pair ini memiliki korelasi negatif. Seperti gambar di bawah ini kedua pasang mata uang memiliki pergerakan yang berlawanan selama satu minggu.
korelasi negatif